Lihatlah warna hijau yang sehat. Setiap kali memandang warna hijau ide-ide memasuki otakku. Nyaman, damai, dan tenang merasuki hatiku. Semangat untuk mengekspresikan kreativitasku, dan semangat belajarku tinggi. Aku senang melihat sekolahku hijau.

Memuat...

Rabu, 24 Maret 2010

Tips Menekan Biaya Taman Sekolah

Pembahasan tentang taman sekolah telah dibahas pada artikel kami tanggal 21 Maret 2010. Sekarang kita akan membahas tentang biaya pembuatannya. Tidak setiap sekolah mempunyai taman karena alasan biaya pembuatan dan perawatan taman lumayan besar. Karena dalam berkebun membutuhkan bibit tanaman, alat-alat tanam, dan bahan-bahan lain seperti pupuk. Kami mempunyai sedikit ide, cara menekan biaya taman sekolah namun taman sekolah tetap kelihatan asri dan cantik.

Membeli bibit tidak harus dalam jumlah yang besar, belilah bibit sesuai dengan kebutuhan. Belilah secara borongan, jangan membeli secara eceran, namun tetap disesuaikan dengan kebutuhan anda. Membeli pupuk,hormon tumbuhan atau bahan-bahan berkebun lokal tidaklah buruk, dan harganya relatif lebih murah. Sebelum membeli bibit, pupuk, alat, atau properti berkebun lain, survey dulu tempat-tempat penjualan properti tersebut, kemudian pilihlah tempat yang menjualnya dengan harga murah. Janganlah menggunakan jasa antar, dengan mengambil barang pesanan sendiri dapat menekan biaya pengeluaran.

Pembelian bibit akan jauh lebih murah jika anda membeli bibit pada musimnya. Namun akan lebih menekan biaya lagi jika anda meminta stek atau cangkokan dari saudara atau teman anda. Belilah tanaman yang tidak memerlukan perawatan lebih. Pilihlah pupuk alami seperti pupuk kompos atau pupuk kandang untuk memupuk tanaman anda. Karena pupuk kandang bisa dibuat sendiri atau biasanya harganya lebih murah dibanding pupuk buatan. Berantaslah hama taman sekolah dengan praktis dan murah seperti yang telah dibahas blog ini tanggal 22 Maret 2010. Ingat!! Buatlah daftar pembelian anda (anggaran belanja).
Semoga Ide Kami Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar