Lihatlah warna hijau yang sehat. Setiap kali memandang warna hijau ide-ide memasuki otakku. Nyaman, damai, dan tenang merasuki hatiku. Semangat untuk mengekspresikan kreativitasku, dan semangat belajarku tinggi. Aku senang melihat sekolahku hijau.

Rabu, 24 Maret 2010

Hijaukan Sekolah dengan Pohon

Pohon adalah tanaman dengan ranting, cabang, dan batang yang berkayu sebagai penopang tubuhnya, dan memiliki daun sebagai alat untuk memproduksi makanannya (sebagian pohon). Pohon sangat bermanfaat, apalagi berperan penting dalam mengurangi Global Warming. Alasannya adalah pohon dapat mengurangi gas polutan seperti karbondioksida di udara. Selain itu pohon juga menghasilkan oksigen, menghisap asap rokok, menyimpan air di dalam tanah, dsb.Kami memiliki sedikit ide dan tips agar taman sekolah anda yang minimal berukuran 2X3m persegi saja bisa menjadi taman yang indah dan memiliki fungsi yang optimal.

Untuk daerah yang kesulitan air disarankan agar tidak menanam jenis palmae (palem-paleman), karena tanaman tersebut membutuhkan sekitar 60 liter air dalam satu harinya. Dianjurkan untuk menanam jenis Inocarpus edulis (pohon Gayam), karena pohon tersebut dapat menaikkan air tanah.

Tumbuhan jenis Shrubs (Semak/Perdu) yang dapat mengurangi gas polutan atau dapat mengurangi polusi antara lain Puring, Nusa Indah, Bogenvil, Sri Rejeki, dan Taiwan Beauty. Namun tumbuhan-tumbuhan tersebut sulit untuk dirawat.

Sedangkan tumbuhan-tumbuhan seperti Sansiviera trifasciata (Katis Kodok), Sansiviera sp (Pedang-pedangan), dan jenis tumbuhan-tumbuhan sukulen lainnya, sangat efektif gunanya jika diletakkan di dalam ruangan (indoor plants), karena jenis tumbuhan tersebut dapat mengurangi asap rokok.

Jika anda ingin mendatangkan burung ke taman sekolah, anda dapat menanam pohon yang dapat berbunga dan berbuah. Pohon tersebut antara lain Dadap Merah, Plumeria, Trembesi, Bungur, Bauhinia purpurea, Flamboyan, dsb.

Untuk memiliki taman sekolah yang indah bukan hanya bisa mengetahui jenis tanaman yang akan ditanam saja, tetapi juga harus mengerti habitat hidup tanaman-tanaman tersebut agar bisa hidup dengan subur.

Setelah mengerti habitat hidup tanaman, anda hanya tinggal mengatur letak, posisi tanaman atau pohon dalam taman agar terlihat indah dan serasi dengan gedung-gedung sekitarnya. Anda dapat mengatur posisi pohon berdasarkan tingginya. Pohon rendah ada di bagian depan dan pohon yang lebih tinggi di belakangnya. Anda juga dapat mengatur letak pohon berdasarkan warna bunga atau daunnya dan berdasakan bentuk daun tanaman.
Semoga Ide Kami Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar