Lihatlah warna hijau yang sehat. Setiap kali memandang warna hijau ide-ide memasuki otakku. Nyaman, damai, dan tenang merasuki hatiku. Semangat untuk mengekspresikan kreativitasku, dan semangat belajarku tinggi. Aku senang melihat sekolahku hijau.

Kamis, 25 Maret 2010

Pupuk

Pupuk adalah sesuatu yang dapat menambah zat hara di dalam tanah yang diperlukan oleh tumbuhan sehingga tumbuhan atau tanaman tumbuh subur. Penambahan atau pemberian pupuk di tanaman perlu diperhatikan dosisnya. Tidak boleh kelebihan atau kekurangan pupuk.Pupuk dibagi menjadi pupuk padat dan pupuk cair jika dibedakan menurut bentuk fisiknya. Pupuk padat sering ditambahkan ke dalam tanah, sedangkan pupuk cair biasanya disemprotkan ke daun atau di batang tumbuhan. Selain itu, pupuk dibagi menjadi dua yaitu pupuk anorganik dan pupuk organik.

Pupuk Anorganik adalah pupuk buatan manusia untuk memenuhi kebutuhan tanaman. Pupuk anorganik dibagi menjadi dua yaitu pupuk tunggal adalah pupuk yang mengandung satu jenis hara utama.Harganya tidak relatif murah tiap kg hara, hanya mahal dalam biaya kerja. Pupuk ini mudah diberikan ke tanaman sesuai kebutuhan. Dan pupuk majemuk atau campuran adalah pupuk campuran dari pupuk tunggal yang dilakukan dengan cara manual, namun tidak semua pupuk bisa dicampur, komposisi campuran beragam, hanya satu kali pemakaian, dan sulit untuk diterapkan di tanaman yang menghasilkan, seperti buah-buahan atau sayur-sayuran.

Sedangkan Pupuk Majemuk sendiri dibagi atasPupuk Majemuk umum dan Pupuk Majemuk Khusus. Pupuk Majemuk umum adalah satu campuran yang mengandung beberapa hara utama, biasanya harga per kg hara relatif mahal, sekali penggunaannya, mudah disimpan, biaya aplikasi murah, namun sulit diterapkan untuk tanaman menghasilkan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Sedangkan Pupuk Majemuk Khusus adalah Pupuk majemuk yang dibentuk secara khusus, seperti dalam bentuk pelet, tablet, atau kapsul. Harga per satuan hara sangat mahal dibanding pupuk lainnya, namun keefektivitan pupuk ini masih perlu diuji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar