Lihatlah warna hijau yang sehat. Setiap kali memandang warna hijau ide-ide memasuki otakku. Nyaman, damai, dan tenang merasuki hatiku. Semangat untuk mengekspresikan kreativitasku, dan semangat belajarku tinggi. Aku senang melihat sekolahku hijau.

Sabtu, 27 Maret 2010

Tips Memilih dan Memodifikasi Pot

Tanaman tidak selalu identik dengan lahan. tetapi kita juga bisa menanam tanaman di pot. Namun tidak semua pot bisa menghasilkan tanaman yang baik. Nah disini kami akan memberikan sedikit ide tentang cara memilih pot yang baik untuk tanaman kita. Pot yang sering di jual di pasar untuk bibit tanaman buah atau tanaman-tanaman lain adalah pot yang terbuat dari segala macam bahan dasar, seperti plastik, tanah liat, beton,besi, dan sebagainya. Dari berbagai macam pot tersebut, pot yang terbuat dari tanah liatlah yang paling cocok dan baik untuk digunakan sebagai tempat menanam tanaman buah atau tanaman hias. Kenapa demikian? Karena pot yang terbuat dari tanah liat tersebut mempunyai pori-pori yang dapat membantu untuk membuang kelebihan air di dalam pot. Jika pot dibiarkan menggenang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit tanaman, seperti busuk akar. Jika anda terlanjur membeli pot bukan dari tanah liat, usahakanlah di beri lubang kecil-kecil pada bagian bawah pot.

Untuk membuat tanaman terlihat indah dan cocok dengan pot, anda juga bisa menambahkan kaki pot dari besi untuk menopang pot agar lebih tinggi. Usahakan warna besi penopang selaras dengan warna tanaman agar enak dilihat oleh mata. Anda juga bisa menggantungkan pot anda dengan tali. Jika anda menanam tanaman merambat, tancapkanlah kayu di tanah dalam pot sebagai jalan rambat tanaman tersebut.

Selain memperhatikan hal-hal diatas, anda juga perlu memperhatikan cara meletakkan pot di taman sekolah anda. Lihatlah tinggi tanaman dari berbagai tanam di pot-pot anda, dan susunlah sesuai taman anda. Jika taman anda paling belakang adalah tembok, anda bisa menyusun dari yang paling tinggi ke depan semakin rendah. Atau jika taman anda tidak ada pembatas tembok atau bisa dikelilingi oleh orang di berbagai sudut. Tatalah pot anda yang paling tinggi di tengah dan di sampingnya lebih rendah untuk mengelilingi yang lebih tinggi.
Semoga Ide Kami Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar