Lihatlah warna hijau yang sehat. Setiap kali memandang warna hijau ide-ide memasuki otakku. Nyaman, damai, dan tenang merasuki hatiku. Semangat untuk mengekspresikan kreativitasku, dan semangat belajarku tinggi. Aku senang melihat sekolahku hijau.

Selasa, 23 Maret 2010

(Switch day) Tukar menukar barang bekas

Kami memiliki ide yang lumayan menarik untuk dilakukan di sekolah anda. Switch day adalah pengumpulan barang bekas oleh sekelompok orang pada sebuah kotak,dan kemudian bagi yang membutuhkan barang bekas yang terkumpul dapat mengambilnya secara gratis.Langkah pertama adalah buatlah sebuah kotak besar di setiap kelas. Kemudian semua siswa diwajibkan membawa barang yang sudah tidak diperlukan lagi di rumah setiap minggu atau setiap bulan. Kumpulkan barang-barang tersebut di kelas dan kemudian setiap kelas mengumpulkan di aula.

Kemudian biarkan siswa melihat barang-barang yang sudah dikumpulkan, dan apapun barang yang bisa gunakan siswa di rumah,siswa dapat mengambilnya. Jika ada barang-barang tidak diambil siswa, dapat di jual ke pasar loak atau di jual ke pemulung.

Fungsi dari switch day sendiri adalah untuk mengurangi barang-barang bekas di rumah siswa. Selain itu juga dapat membantu siswa yang sedang mencari suatu benda yang dapat digunakan dirumah. Jika di jual ke pasar loak,dapat menambah kas sekolah. Dan mengajarkan kepada siswa, apa yang mereka anggap tidak dapat digunakan lagi,ternyata memberikan manfaat lebih ke orang lain daripada membuangnya ke tempat sampah.
Semoga Ide Kami Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar