Lihatlah warna hijau yang sehat. Setiap kali memandang warna hijau ide-ide memasuki otakku. Nyaman, damai, dan tenang merasuki hatiku. Semangat untuk mengekspresikan kreativitasku, dan semangat belajarku tinggi. Aku senang melihat sekolahku hijau.

Selasa, 20 April 2010

Bersihnya Bali

Aduuh!!! Maap ya para pembaca, lama gak post lagi. Soalnya kemarin saya pergi liburan bersama teman-teman ke pulau Dewata. Bali banyak dikunjungi wisata asing bukan hanya tempat wisatanya yang indah-indah, tetapi juga karena kebersihan lingkungan Bali. Saat di sana saya jarang melihat sampah berserakan, bau sampah yang tidak sedap, dan pemandangan buruk lain. Ini bisa menjadi contoh bagi kita semua bahwa lingkungan bersih menjauhkan kita dari berbagai penyakit, selain itu lingkungan bersih menjadikan hidup kita nyaman, tentram, dan damai.

Setiap pagi saya selalu melihat warga membersihkan jalan atau halamannya masing-masing. Setiap warga sudah memahami akan baiknya lingkungan bersih. Mereka tidak mengandalkan petugas kebersihan untuk membersihkan lingkungannya. Hal ini patut dicontoh di lingkungan kita.

Disuatu kesempatan saya bertanya ke salah satu warga setempat, saya bertanya tentang sering atau tidaknya kerja bakti membersihkan lingkungan di Bali. Jawabnya adalah sering diadakan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan di Bali, mungkin satu minggu sekali. Waaah! Rajin ya warga Bali. Mungkin karena wisata menjadi salah satu sumber utama penghasilan warga setempat, maka mereka rajin merawat linkungannya.

Selain karena kesadaran sendiri dari warga Bali, pemerintah daerah Bali juga engeluarkan perda tentang kebersihan lingkungan Bali. Jika membuang sampah sembarangan, atau ditemukan banyak sampah di beberapa daerah, maka akan dikenakan sanksi. Waaah! Peraturan seperti ini perlu dicontoh di daerah kita ya?? hehe

Begitulah pengalaman saya di Bali, mengasyikan, nyaman saya berlibur di Bali. Andai daerahku bersih dan indah seperti Bali. Tidak menutup kemungkinan wisatawan asing datang ke daerah kita. Kapan ya hal tersebut terjadi?? Jika kita tidak melakukan perubahan dari sekarang, hal tersebut mustahil terjadi. Kita harus merubah sikap buruk kita menjadi sikap yang baik. Rawatlah lingkungan kita, maka lingkungan kita juga akan merawat kita pada akhirnya. Sampai jumpa di post selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar